Wajib Vaksin Untuk Ke Mana

Kuartal III-2020, industri manufaktur kontraksi 4,31%, lebih baik dari kuartal II turun 6,19%. Seluruh subsektor manufaktur pada 2021 diperkirakan kembali bergairah, dengan asumsi pandemi sudah bisa dikendalikan dan aktivitas ekonomi kembali pulih. “Kami memproyeksikan industri manufaktur pada 2021 akan tumbuh hampir 4%,” ucap Agus. Kedua, kata dia, peningkatan kemampuan industri dalam negeri dalam mendukung penanganan Covid-19, khususnya industri farmasi untuk penyediaan obat-obatan dan alat kesehatan.

Hal itu sesuai dengan Pasal 22, di mana perusahaan swasta harus bekerja sama dengan rumah sakit swasta untuk menggelar penyuntikan vaksin bagi karyawan. Ketiga, vaksin mandiri tidak boleh menciptakan persepsi bahwa orang kaya dapat menerima vaksin lebih dulu. Kebutuhan vaksin untuk warga berusia di atas 18 tahun sebanyak 188 juta orang. Dengan asumsi dua kali suntik plus 15%, maka whole kebutuhan 426 juta dosis.

“Harus secara inklusif tidak mungkin kita hanya melakukan dalam bentuk program vaksinasi milik pemerintah saja, tapi harus bersama-sama seluruh komponen masyarakat membangun gerakan agar kita bisa memvaksinasi bersama,” kata Budi. Dia menegaskan tak hanya menggencarkan program vaksinasi massal untuk mengatasi Covid-19, pemerintah pun menggalakkan program 3T . Tujuannya, untuk melacak penyebaran Covid-19 dari seseorang yang sudah dinyatakan positif terpapar Covid-19. “Untuk mencegah terjadi terjadinya kebocoran, KPK justru yang menyarankan bahwa sebaiknya vaksin mandiri jangan sama dengan vaksin free of Tembak Ikan Terpercaya charge,” ungkap Budi.

Pembiayaannya dibebankan kepada badan hukum atau badan usaha penyelenggara vaksinasi. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan program vaksinasi gotong royong akan dimulai pada minggu ketiga Mei 2021. Sejumlah warga mengaku kecewa lantaran layanan vaksinasi gotong royong individu yang digelar oleh Kimia Farma cabang Pasar Senen, Jakarta Pusat, belum siap. Tingginya antusiasme itu sangat wajar, karena beberapa pengusaha sudah terlalu lama terpenjara dalam bingkai pandemi hal ini membuat pergerakan lambat. Karena itu, tujuan dari sosialisasi vaksinasi gotong royong adalah untuk menjembatani pelaku usaha bisa mengakses vaksin COVID-19.

Vaksinasi Mandiri

Maksimal tamu undangan hanya 30 orang dan sudah memiliki sertifikat vaksin Corona. Selain sertifikat vaksin COVID-19, masyarakat tetap harus menunjukkan hasil negatif PCR untuk penumpang pesawat terbang dan antigen bagi moda bus dan kereta api. Setiap masyarakat yang bepergian di masa PPKM Darurat diwajibkan melampirkan sertifikat vaksin COVID-19 sebagai persyaratan perjalanan. YA. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin.

Kimia Farma mengumumkan penundaan pelaksanaan pelayanan vaksinasi mandiri berbayar untuk individu dengan alasan akan menambah waktu sosialisasi. Ketua Komisi Kesehatan DPR Felly Estelita Runtuwene juga mengatakan akan memanggil Kementerian Kesehatan dan pihak Kimia Farma untuk meminta penjelasan soal vaksin Covid-19 berbayar. Sejumlah LSM memberi kritik terhadap keputusan pemerintah atas program ini dan meminta pelaksanaan vaksinasi berbayar individual dibatalkan. “Tidaklah etis pemerintah memperjualbelikan barang yang seharusnya menjadi hak publik yang harus digratiskan dan tidak dipungut biaya oleh pihak mana pun,” kata Perwakilan dari Koalisi Warga Lapor Covid-19, Amanda Tan. Kadin juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut atau khawatir dalam pelaksanaan vaksinasi karena sudah dinyatakan aman dan halal. Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong ini akan diserahkan kepada pihak swasta, sehingga prosesnya tidak dilaksanakan di rumah sakit milik pemerintah.

Amerika Serikat dan Kanada telah mendistribusikan jutaan dosis vaksin Pfizer ke berbagai kota. “Jenis vaksin Covid-19 untuk pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong harus berbeda dengan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk Vaksinasi Program,” tulis aturan itu. Diketahui, program vaksinasi mendapat antusias besar dari pelaku usaha. Hingga kini, sudah ada 6.600 ribu lebih perusahaan yang mendaftar resmi di Kamar Dagang dan Industri .

Selain itu, Ganti menyebut pihaknya akan kembali mengatur soal pengaturan pendaftaran calon peserta vaksinasi mandiri. Ditanya soal harga vaksin, Shinta menjawab, itu semua ditentukan oleh Kemenkes dan Kadin tidak bisa ikut campur tangan dari segi harga. Diakui Shinta, banyaknya perusahaan yang berminat untuk berpartisipasi walaupun bersifat sukarela, karena mereka sudah mengeluarkan biaya besar untuk berbagai kebutuhan tes Covid-19 bagi karyawannya.

Menkes mengakui, pertarungan untuk mendapatkan vaksin saat ini sangat ketat karena penduduk dunia mencapai 7,8 miliar. Dengan asumsi 70% penduduk yang perlu divaksin, maka ada 5,5 miliar warga bumi yang membutuhkan vaksin. Dan vaksinasi diangap sebagai langkah jitu untuk melawan COVID-19, musuh bersama yang telah menghancurkan sendi kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi. Pada program ini, masyarakat umum dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi JAKI dengan bermodalkan NIK untuk mendapatkan kesempatan divaksinasi pada 28 Juli-3 Agustus 2021. Acara yang digelar di Assembly Hall Lantai 9-10 Menara Mandiri, Jakarta ini melibatkan Puskesmas di bawah Pemprov DKI Jakarta.