Vaksinasi Mandiri, Angin Segar Percepatan Pemulihan Ekonomi

Ini artinya dipastikan akan lebih cepat dan fleksibel sehingga seharusnya tidak ada keterlambatan dalam eksekusi yang dilakukan pemerintah daerah. Ketua Kadin Rosan Roeslani berharap Agen PAY4D penyuntikan vaksin Covid-19 gotong royong dapat dimulai pada 9 Mei 2021. Khusus untuk Vaksin Gotong Royong, spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

Vaksinasi Mandiri

Vaksinasi gotong royong tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. “Kami mendorong penyelenggara Vaksinasi Program maupun Vaksinasi Gotong Royong untuk bekerja sama dengan LOKET agar vaksinasi COVID-19 di Indonesia dapat cepat terdistribusi dengan baik,” katanya. Melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Karena masih dalam proses penyempurnaan, fasilitas ini baru dapat digunakan mulai Kamis, 15 Juli 2021.

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan vaksinasi gotong royong, baik bagi badan usaha maupun individu, sesuai kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah. Kementerian Kesehatan menetapkan skema baru vaksinasi gotong royong melalui Peraturan Menteri Kesehatan nomor 19 tahun 2021. Sebelumnya, vaksin gotong royong diperuntukkan bagi karyawan dan karyawati dan pendanaannya dibebankan pada badan usaha atau badan hukum yang menaungi mereka. Lebih lanjut, program vaksinasi akan terus dilakukan demi membentuk kekebalan kelompok , sebagai perlindungan tidak langsung terhadap penularan virus Covid-19. Indah menyebutkan, kuota layanan vaksinasi di setiap puskesmas per hari minimal 50 orang sasaran, diutamakan bagi warga yang tinggal di wilayah sekitar puskesmas tersebut. Menerima dua dosis vaksin COVID-19 akan memberikan tubuh perlindungan yang maksimal terhadap kemungkinan infeksi dan komplikasi akibat virus Corona.

Keputusan Menteri Kesehatan nomor 9.860 tahun 2020 yang diterbitkan 3 Desember lalu menyebut ada enam vaksin yang dinilai sesuai untuk Indonesia. Yakni, vaksin PT Biofarma yang akan memproduksi vaksin racikan Sinovac, AstraZeneca dari Inggris, vaksin Sinopharm , Moderna , Pfizer , serta Sinovac. Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin. [newline]Apabila seseorang tidak menjalani vaksinasi, maka ia tidak akan memiliki kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit.

Berbekal data Kadin, Kementerian Kesehatan dapat menentukan jumlah complete dari suplai vaksin yang harus diberikan kepada badan usaha swasta. Pemerintah menargetkan program vaksinasi gotong royong bisa diikuti sebanyak 10,1 juta orang dengan melibatkan perusahaan-perusahaan swasta di Indonesia. Tiga merek vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi gotong royong, yakni Sinopharm, CanSino, dan Sputnik V.