United Tractors Bertekad Cetak Grandmaster Catur Indonesia

Kehadiran komentator sangat penting, agar masyarakat yang menyaksikan turnamen melalui kanal Youtube MPR RI dan Bamsoet Channel bisa lebih memahami jalannya pertandingan. “Selain seluruh peserta dan panitia turnamen sudah divaksin, panitia turnamen juga tetap mewajibkan peserta dan panitia yang datang ke lokasi turnamen terlebih dahulu melakukan swab antigen, menjaga jarak, serta memakai masker. Menunjukan ketatnya protokol kesehatan yang dijalankan,” pungkas Utut Adianto. “Kehadiran komentator sangat penting agar masyarakat yang menyaksikan turnamen melalui kanal Youtube MPR RI dan Bamsoet Channel bisa lebih memahami jalannya pertandingan,” ujar Bamsoet.

Pria kelahiran Sukabumi, 14 Oktober 1947 ini menempuh pendidikan catur dan memperoleh semua norma Grandmaster di Bulgaria. Dalam pertandingan yang menarik itu, Grandmaster Susanto Megantoro menjadi komentator bersama WIM Chelsie Monica. Dunia pecaturan Indonesia belakangan ini mendapat perhatian lebih dari publik.

catur indonesia

Selain itu, kedua permainan itu juga dinilai membuat seseorang lupa waktu. Sonora.ID – Baru-baru ini masyarakat ramai memperbincangkan ceramah Utaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS yang menyebut permainan catur dan dadu merupakan haram. Setelah itu, ia mulai rutin mengikuti pertandingan catur baik di dalam maupun luar negeri. Puncaknya adalah saat ia memperoleh gelar Grandmaster Nasional di Bandung tahun 1982. Seorang doktor dalam ilmu matematika berhadap-hadapan dengan seorang buta huruf, yang mengunyah sirih dan menggunakan susur guna pembersih bibir. Kepiawainnya bermain catur dia peroleh secara otodidak melalui buku-buku teori catur.

Untuk bisa menjaga momentum tersebut, Percasi mesti mengusung program untuk menggalakkan kembali catur. Hal itu sangat potensial mengingat catur tergolong olahraga yang mudah dimainkan, tidak mengenal tempat dan tidak tergantung pada waktu. Meski begitu, Fritz menilai dampak dari fenomena Dewa Kipas ini hanya akan terjadi sesaat saja. “Belum tentu membawa dampak besar terhadap dunia catur Indonesia, dan belum bisa dikatakan pasti membangun industri catur,” sebut Fritz. Namun untuk catur sebagai cabang olahraga, dampak dari fenomena Dewa Kipas ini tak akan instan. Butuh waktu tahunan untuk bisa menggembleng atlet hingga mendulang prestasi profesional.

Saat menjadi Ketua Komisi III DPR RI, Bamsoet pernah menggelar turnamen catur yang diikuti 1300 pecatur dan mendapatkan Rekor MURI. “Yang pasti lolosnya mereka dari putaran pertama hal luar biasa, dan ini memberikan energi baru untuk komitmen kami mencari bibit pecatur muda Indonesia, salah satunya melalui pembinaan catur pada program JAPFA for Kids. Harapannya dari program ini bisa menghasilkan pecatur muda Indonesia yang hebat di masa depan,” kata Artsanti Alif. H. Willgo Zainar Direktur Pemasaran Lahir di Ampenan 25 Oktober 1968. Menyelesaikan pendidikan tinggi ekonomi di Universitas Mataram dan meraih gelar Master of Bussines Adminstration dari Universitas Amstrong Amerika Serikat. Menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT PAL Indonesia sejak Juni 2021 hingga saat ini.

Namun, Indonesia akan mengirimkan dua pecatur wanita di World Cup 2021. Untuk World Cup Chess 2021, Indonesia mendapatkan dua wild card, satu untuk pecatur pria dan satu untuk pecatur wanita Indonesia. Di partai hidup mati ini, Susanto yang memegang buah putih mendapat waktu lima menit dan harus memenangi pertandingan. Jika hasil remis, maka pemegang buah hitam yang hanya mendapat jatah waktu empat menit dinobatkan sebagai pemenang. Dalam dua babak yang berlangsung Selasa, Susanto terlebih dahulu unggul 1,5-0,5.

Namun, olahraga asah otak itu justru menemukan momentum untuk bersemi dikala pandemi Covid-19 ini. “PB percasi sangat mengapresiasi BPK Penabur karena mau menjadi pelopor kejuaraan catur nasional tingkat pelajar,” ujar Eka dalam konferensi pers virtual Kakek Merah FAFAFA, Senin. Menurut Irene, peristiwa ini telah mencoreng pecatur profesional di dunia catur Internasional.