Masih Cemas Covid

Gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah menyentuh benda-benda di angkutan umum dan jangan menyentuh wajah sebelum tangan dibersihkan. Misalnya, seorang karyawan harus lembur saat bekerja dari rumah untuk membangun jaringan kerja dan pengaruh di kantor, sehingga harus melakukan pertemuan daringdi akhir pekan, dan mengurangi waktu untuk bersama keluarga. Namun hubungan ini juga bisa menjadi negatif ketika seseorang tidak punya lagi waktu dan energi untuk berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan pribadinya karena tuntutan yang besar dari dunia kerja. Atau ketika tuntutan keluarga yang terlalu besar sehingga membuat karyawan tersebut sulit berkonsentrasi di kantor.

Jika kamu aktif menggunakan Instagram mungkin pekerjaan ini bisa jadi pilihan selama wabah Corona masih berlangsung. Dengan follower yang dimiliki di Instagram, mereka bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut atau biasa disebut sebagai endorsement. Merokok diyakini bisa memperparah gejala Covid-19 dan meningkatkan risiko sakit parah jika terjangkit virus.

Pada kesempatan ini, dia memberikan gambaran umum terkait kondisi Indonesia saat ini, khususnya dalam masa Pandemi Covid-19. Menko Luhut menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah demi menurunkan angka penularan dan menjelaskan bagaimana generasi muda juga harus berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan ini. Namun sayang, hal tersebut tak berlaku untuk dibagian tempat kerja Niken yang tetap beraktifitas seperti biasanya ditengah wabah virus corona. Peraturan mengenai social distancing dan pembatasan transportasi umum mempengaruhi kehidupan para pekerja.

Petani selaku kunci dari pangan Indonesia selama masa pandemi ini diharapkan dapat tetap sehat dan bekerja dengan maksimal. Permasalahannya adalah sekarang ini jumlah petani di Indonesia banyak yang tergolong masuk ke usia tua, minim sekali jumlah petani yang berasal dari kalangan milenial. Mirisnya, penggusuran dan kriminalisasi terhadap petani juga kerap terjadi, bahkan pada masa-masa pandemi seperti ini yang diharapkan masyarakat dapat saling berempati satu sama lain. Lahan pertanian kerap kali dialihfungsikan untuk keperluan tambang dan yang lainnya.

Bekerja dari rumah pun juga dipercaya dapat membuat pekerjaan selesai lebih cepat, efektif, dan efisien. Akan tetapi, kebijakan untuk melakukan aktivitas di rumah nyatanya menuai pro dan kontra dari masyarakat, terutama soal bekerja di rumah atau work from home yang mana sangat berdampak pada operasional bisnis sehari-hari. Perlu dipahami, peran keluarga dalam proses sosialisasi selama masa COVID-19 sangatlah penting untuk mencegah penyebaran virus dan menguatkan satu sama lain ditengah pandemi ini.

Hal ini merupakan persoalan serius, mengingat pada 2030, sebanyak 70% anak generasi penerus ditargetkan menjadi generasi produktif yang bekerja di sektor sesuai minat masing-masing. Perjalanan ke kantorpun membuat Adhiyanti merasa bagaikan berangkat menuju medan perang. Ia sangat khawatir terpapar virus corona saat menggunakan kendaraan umum bersama banyak orang, terutama karena dalam rumah tangga keluarganya terdapat lansia dan anak kecil.

Kemampuan untuk bertahan, dan terus-menerus kembali bangkit jadi keterampilan yang diidamkan banyak orang selama pandemi. “Seorang pimpinan dalam sebuah organisasi jurnalistik juga dapat menerapkan gamifikasi sebagai sarana pembelajaran berbasis masalah. Sebagai contoh, analogikan pekerjaan jurnalistik dengan sebuah Massively Multiplayer Online Role Play Game (MMO-RPG). Para jurnalis secara bersama-sama dapat bereksperimen dengan berbagai perspektif dalam karya jurnalistiknya untuk memecahkan sebuah permasalahan sosial,” ungkapnya. “Hal-hal yang diperoleh dari kantor itu bermanfaat untuk menunjang kehidupan pribadi dan keluarganya di rumah,” ujar Juneman kepada DW Indonesia. Bahkan juga terungkap bahwa para pekerja di Jerman lebih senang bekerja dari rumah.Namun membaurnya batas antara kehidupan pribadi dan profesional saat harus bekerja dari rumah menjadi kenyataan yang sulit dihindari oleh para pekerja profesional di saat pandemi.

Hal yang dapat diberikan pengusaha kepada pekerja/buruh di lingkungan kerja selama pandemi Covid-19 adalah hak atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja . K3 merupakan perlindungan yang wajib diterima oleh pekerja guna mencegah terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja. Sesuai dengan amanat UU Keselamatan Kong4D Kerja dan UU Ketenagakerjaan, pekerja yang terinfeksi virus Covid-19, dapat pulih seperti keadaan semula apabila diberikan jaminan kesehatan yang memadai oleh negara. Namun, sampai saat ini belum ada peraturan hukum terbaru terkait perlindungan pekerja yang bekerja ditengah Covid-19.

Bekerja dalam masa Covid

Tim Riset Strategis 1 memiliki waktu kerja seperti biasa, yang diawali dengan rapat seluruh team Puskas BAZNAS pada pukul 09.00 WIB dan diakhiri dengan laporan harian pada pukul 17.00 WIB. Semua pekerjaan dilakukan melalui media on-line seperti Google Meet, Google Docs, Skype, dan Whatsapp. Dalam period serba teknologi ini, suatu pandemi tidak dapat menghentikan semangat Puskas dalam bekerja untuk mencapai kesejahteraan sosial. Baik pada masa wabah ataupun tidak, sudah sewajarnya semua orang memperhatikan daya tahan tubuh. Pada masa-masa pembatasan sosial akibat wabah, karantina dan isolasi mandiri, berikut beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dilakukan untuk melawan virus penyakit.