Gm Irene Bukan Lawan Sepadan Dewa Kipas

Pertandingan catur tersebut berlangsung pada Selasa, 2 Maret 2021 dengan durasi kurang dari 5 menit. Setelah pertandingan selesai, akun Dewa_Kipas ramai diserang dengan berbagai komentar tak menyenangkan. Irene seperti menahan diri untuk tidak mempermalukan Dadang subur atau si dewa kipas yang dicurigai menaikkan ratingnya dengan curang. Penggiat media sosial, menilai pemenang sebenarnya adalah Deddy Corbuzier. Denny memperkirakan, untung yang didapat Deddy dari tayangan iklan tersebut sangat banyak, mencapai miliaran.

Bahkan, informasi mengenai adanya pertandingan catur non-resmi dengan hadiah complete Rp300 juta tersebut diunggah oleh akun twitter resmi Federasi Catur Internasional . Dewa Kipas yang mencuri perhatian ini pun langsung diundang di podcast Deddy Corbuzier. Dadang yang ditemani anaknya membeberkan bahwa ia tidak curang.

deddy corbuzier main catur

Dari empat babak yang direncanakan, Irene menyapu bersih tiga kemenangan. Tak hanya membuat catur semakin populer, roda bisnis dari pertandingan itu pun bergulir kencang. Dengan whole hadiah Rp 300 juta, Irene yang menekuk Dewa Kipas di tiga partai tanpa balas itu menggondol uang Rp 200 juta. Karena itulah, dr. Astrid menerangkan bahwa main catur bisa sangat berguna untuk latihan memproses setiap informasi di dalam otak.

Duel persahabatan ini digelar Deddy Corbuzier demi membuktikan kehebatan bermain catur Dewa Kipas yang sempat mengalahkan Levy Rozman alias GothamChess. Selain memiliki bakat bermain catur, Chelsie ternyata memiliki paras cantik. Dewa Kipas bakal memiliki kans unjuk kemampuan memainkan bidak catur dalam laga ekshibisi melawan Grand Master, Irene Kharisma Sukandar. Ia menegaskan bahwa jika melewati jalur profesional, maka untuk mendapatkan uang di dalam permainan catur tidak harus melibatkan perjudian. Meskipun tidak memiliki gelar catur, menurut Susanto, Dadang memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam permainan catur dengan elo 2.a hundred berdasarkan analisisnya saat melihat pertandingan itu. Pada pertandingan yang digelar live streaming di kanal YouTube Deddy Corbuzier, GM Irene menang telak atas Dewa Kipas dengan skor 3-0.

Tanpa Om Ded yang memfasilitasi, duel akbar antara Pak Dadang vs Mbak Irene mungkin tidak akan pernah terjadi. “Kita sudah memecahkan rekor reside saat ini dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta penonton,” kata Deddy Corbuzier sebagai orang yang menginisiasi pertandingan catur online sekaligus sang pemilik kanal YouTube. Polemik ini berawal dari permainan catur on-line Beli Free Spin, Chess.com, yang diikuti oleh Dadang Subur melawan gamer catur dunia Levy Rozman . Dadang nyatanya berhasil memenangkan pertandingan tersebut dalam waktu yang singkat. Baru-baru ini permainan catur pun menarik perhatian masyarakat setelah digelarnya pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar di channel YouTube Deddy Corbuzier.

Dalam penelitian berjudul Chess Practice as a Protective Factor in Dementia , para ilmuwan menemukan catur dapat membantu melindungi orang tua dari demensia. “Catur juga bisa disebut sebagai olahraga untuk membantu memecahkan masalah,” kata dr. Astrid Wulan. Permainan strategi seperti catur dapat mendorong perkembangan korteks prefrontal . Main catur bisa melatih si pemain untuk lebih baik dalam pengambilan keputusan. Indra sendiri mengaku menjagokan Dewa Kipas alias Dadang Subur dalam duel tersebut. Bahkan, Irene mengaku tetap melakukan persiapan dan mencari tahu gaya permainan Dewa Catur sebelum pertandingan.

Menonton podcast Deddy dengan pengetahuan yang kosong, akan sama levelnya dengan Deddy yang bahkan tidak tahu bahwa Indonesia memiliki organisasi catur yang telah berdiri sejak 1948. Sebuah lembaga yang sudah membantu melahirkan delapan grandmaster dunia asal Indonsia. Mulai dari Utut Adianto, Cerdas Barus, dan Susanto Megaranto, sampai yang terbaru Novendra Priasmoro. Di satu sisi, secara psikologis, bermain catur bisa membantu kamu membaca persepsi dan perspektif lawan major. Dalam bermain catur, kamu secara enggak sadar dipaksa untuk membuat perkiraan langkah mana yang akan diambil oleh lawan untuk merespons langkah mereka.