Dorong Vaksinasi Covid

Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, Pertama melalui web site , di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Budi menjelaskan, alur vaksinasi dimulai dengan pendaftaran calon peserta lewat tautan tersebut. Saat peserta datang ke fasyankes yang ditunjuk sesuai SMS yang diterimanya, data diri peserta akan diverifikasi oleh petugas.

Pasalnya, Vaksinolog Dirga Sakti Rambe mengatakan, bahwa lansia harus divaksin, karena 12 persen kasus Covid-19 terjadi pada lansia. Bisnis.com, JAKARTA – Dua bulan berjalan, termasuk dalam daftar yang diprioritaskan dan harus didahulukan, vaksinasi lansia tetap berjalan lambat. Menurutnya, meski memiliki komorbid atau penyakit penyerta, lansia tetap bisa divaksin. “Efek samping kedua vaksin ini cukup ringan, tidak ada yang masuk RS atau sampai meninggal.

“Lansia yang hari ini divaksin dari golongan pensiunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, veteran, dan PWRI. Bukan berarti kita mendahulukan golongan yang ini, bukan, tapi karena datanya jelas, lengkap dan siap, maka pensiunan, tokoh agama, veteran dan PWRI mendapat jatah vaksinasi lebih dahulu,” kata Haryono. Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, maka Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikanbooster dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” ujarnya. Dokter Penyakit Dalam Sub Spesialis Geriatric FKUI RSCM Ketua PERGEMI, Siti Setiati, menekankan pentingnya mempersiapkan lansia untuk vaksinasi agar vaksin bisa bekerja dengan optimal Slot Online Terpercaya.

Vaksinasi bagi Lansia

Sebagaimana kita ketahui momen lebaran tahun ke dua di tengah pandemi ini tidak menyurutkan para perantau untuk kembali ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama orang tua dan sanak keluarga. Tradisi silaturahmi dengan orang tua sekaligus dapat menjadi momen penyebaran virus corona bagi lansia. Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah menyatakan sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada web site bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat. Jakarta (9/3) — Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi yang dilakukan di malam hari memang ditujukan untuk lansia agar mempercepat laju vaksinasi yang diberikan. “Pelayanan pendaftaran juga dipermudah melalui pendaftaran kolektif dan bantuan pendaftaran dengan melibatkan komunitas dan organisasi sosial,” ungkap Nadia. “Lansia harus mendapatkan vaksinasi di mana pun tanpa dibatasi alamat KTP maupun domisili,” jelas dr Nadia. Maka dari itu, percepatan vaksinasi Covid-19 pada lansia penting untuk dilakukan apalagi saat menjelang Idul Fitri. Mohon bersabar njih, karena alokasi vaksin diberikan untuk yang prioritas terlebih dahulu. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih Anda kenal dengan sebutan kuman pneumokokus.

“Dari pusat sebenarnya sudah menarik data dari kependudukan, KPU dan berbagai sumber. Tapi perlu information dari bawah untuk melengkapi yang nanti untuk dilakukan verifikasi. Jadi sebaiknya, bagi masyarakat Kota Bandung yang usinya 60 tahun dan di atas 60 mendaftarkan diri melalui hyperlink resmi dari kemenkes”, katanya. [newline]”Tentu saja ini tidak berhenti di sini. Karena setelah ini nanti akan kita upayakan mereka-mereka yang berusia lebih muda juga akan kita beri prioritas untuk masuk bersama tenaga-tenaga pelayan publik,” ungkapnya. Ditemui di lokasi vaksin, Sularto , warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini.

Selalu jaga jarak dari orang lain, gunakan alat makan khusus untuk mengambil makanan yang dikonsumsi bersama, dan tidak berbicara saat makan. Lakukan pembicaraan saat sudah selesai makan dan sudah kembali memakai masker. “Saya tak begitu bergaul. Di sekitar rumah, masih banyak yang belum divaksin. Alasannya macam-macam, tapi lebih takut divaksin,” tutur kakek Safaruddin. Keberanian kakek Safaruddin untuk divaksin membuat Menkes Budi dan Deddy kagum. Keduanya berharap sang kakek dapat mengajak orang-orang di sekitar tempat tinggal mau divaksin, khususnya lansia. Pucuk dicinta ulam tiba, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan 1 unit motor kepada kakek Safaruddin sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan keinginan untuk vaksinasi COVID-19.

Menurut dia dengan pola pikir para lansia atau orang tua di Lutra itu sehingga saat dilakukan sosialisasi hingga vaksinasi, tidak ada yang merasa khawatir ataupun takut. “Persyaratan ini baru kita mulai bulan ini dengan harapan vaksinasi lansia semakin meningkat. Ini baru diterapkan atas instruksi Kementerian Kesehatan,” kata Iriani. Selain kampanye, mereka juga menyiapkan berbagai strategi dan inovasi untuk kembali mengangkat kepercayaan masyarakat sekaligus meningkatkan cakupan menjalani vaksinasi bagi lanjut usia . Namun dibalik upaya masif yang dilakukan, muncul berbagai hambatan dan tantangan yang membuat program vaksinasi tidak dapat berjalan seperti yang diharapkan. Hindra menambahkan, jika ada laporan terkait KIPI maka ada dua hal yang dilakukan Komnas KIPI. Pertama, mengecek berapa lama ketika diberikan vaksin hingga ada gejala. Kedua, apakah ada penyakit lain yang menyebabkan gejala dan bukan berasal dari vaksin.