Did You Know?? Bagaimana Cara Kerja Vaksin?

Saat fragmen virus Corona menempel, sel B mengaktifkan sejumlah antibodi yang berfungsi memblokir dan mencegah virus untuk menginfeksi. Virus yang sudah mati itu tidak akan menyebabkan Covid-19 meski disuntikkan dalam tubuh. Justru virus ini memicu munculnya sel imunitas yang disebut Antigen-presenting cell . Sel ini kemudian merobek virus Corona yang sudah mati dibantu dengan sel T sebagai pendeteksi fragmen atau bagian virus tersebut. Dilansir dari New York Times, pada pembuatannya, para peneliti mula-mula menumbuhkan virus Corona dalam stok besar di sel ginjal monyet. Kemudian virus tersebut disiram dengan bahan kimia yang disebut beta-propiolactone agar mati dan tidak bisa bereplikasi.

Sejak bertahun-tahun yang lampau, vaksin telah menyelamatkan jutaan nyawa manusia dari penyakit mematikan akibat virus dan bakteri. Oleh karenanya keberadaan vaksin tentu sangat diperlukan di tengah pandemi COVID-19 ini. Sejalan dengan gencarnya distribusi vaksin COVID-19 di Indonesia, pemerintah berharap masyarakat terus waspada dan teliti dalam menyaring segala informasi tentang vaksinasi COVID-19. Pasalnya, tidak sedikit beredar informasi palsu tentang program vaksinasi COVID-19 di tanah air. Menanggapi pro dan kontra vaksin virus corona asal Rusia, begini penjelasan dr. Arina Heidyana. Sel kekebalan tubuh akan berkomunikasi sehingga akan diproduksi sel kekebalan tubuh yang lebih banyak, untuk membantu mengalahkan ‘si penyusup’.

Tubuh seseorang pada dasarnya memang memiliki sistem imun yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri. Tapi, dibutuhkan proses perkenalan pada penyakit atau virus baru yang mungkin masuk ke tubuh seseorang. Begitu antibodi untuk antigen spesifik diproduksi, mereka bekerja dengan sistem kekebalan lainnya untuk menghancurkan patogen dan menghentikan penyakit. Beli Free Spin Antibodi terhadap satu patogen umumnya tidak melindungi dari patogen lain kecuali jika dua patogen sangat mirip satu sama lain. Kadangkala sistem kekebalan tubuh manusia mengalami kegagalan, hal ini tergantung pada kondisi sistem kekebalan tubuh seseorang. Vaksin mengandung bagian yang lemah atau tidak aktif dari organisme tertentu yang memicu respons imun di dalam tubuh.

Antigen maupun blueprint tersebut berfungsi untuk memicu pembentukan antibodi dalam tubuh. Bila terserang kembali, antibodi dapat segera menghancurkan virus atau bakteri sebelum jatuh sakit. Para peneliti kemudian menarik virus yang tidak aktif dan mencampurkannya dengan sejumlah kecil senyawa berbasis aluminium yang disebut adjuvan.

Cara kerja vaksin covid

Alternatif lain, beberapa virus—diduga termasuk SARS-CoV-2 ini—bisa ditumbuhkan dalam telur ayam yang sudah berembrio. Secara umum, seperti yang dijelaskan oleh Department of Health & Human Service, Amerika Serikat, ada tiga cara utama untuk membuat vaksin. Pertama, adalah menggunakan virus yang lemah seperti pada vaksin MMR dan cacar air . Kedua adalah menggunakan virus mati seperti pada vaksin flu dan polio. Ketiga adalah menggunakan salah satu bagian dari struktur virus seperti pada vaksin HPV dan herpes zoster . Berbagai negara dan organisasi bekerja sama melalui skema COVAX yang diinisiasi oleh WHO dan aliansi vaksin dunia untuk berinvestasi dalam pengembangan kapasitas produksi dan distribusi.

Meski beberapa diantaranya terbuat dari patogen, vaksin tidak akan membuat kita jatuh sakit. Bahkan, sangat kecil kemungkinan vaksin memicu reaksi fisik yang parah. Sebagian besar vaksin bekerja dengan meminimalisir risiko kita mengalami infeksi. Misalnya, vaksin influenza mengurangi risiko terkena flu sebesar 40 hingga 60 persen. Jadi, masih ada kemungkinan kita bisa terserang infeksi meskipun sudah divaksin. Akan tetapi, vaksin akan membantu kita mencegah agar tidak mengalami komplikasi parah akibat infeksi.

“Inilah keunggulan vaksin dibandingkan upaya metode pencegahan, dapat memberikan perlindungan yang sifatnya spesifik di mana antibodinya spesifik terbentuk terhadap Covid-19,” tegasnya. Harianjogja.com, JAKARTA – Vaksinansi Covid-19 di Indonesia segera dimulai. Sambil menunggu rekomendasi Badan POM, distribusi vaksin sudah dilakukan ke berbagai daerah. Memiliki tingkat 95% kemanjuran dalam mencegah COVID-19 varian Alpha yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan varian Beta yang teridentifikasi di Afrika Selatan. Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ.

Menurut CDC, tubuh biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu untuk membangun kekebalan setelah vaksinasi. Ini artinya, bisa saja orang terkena terinfeksi virus penyebab COVID-19 sebelum atau setelah vaksinasi lalu jatuh sakit karena karena vaksin belum punya cukup waktu untuk memberikan perlindungan. “Herd immunity bisa dilakukan bila sudah banyak masyarakat Indonesia yang telah melakukan vaksinasi. Namun sampai saat ini di Indonesia vaksinasi belum ada dan belum ada data mengenai seberapa kuat sistem imun yang dimiliki oleh orang Indonesia. Menurutnya, selain gencar memberikan vaksin untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, pemerintah seharusnya juga bisa memberikan edukasi soal cara kerja vaksin. Pasalnya Ernest melihat banyak orang jadi abai dengan protokol kesehatan setelah menjalani vaksin.

Pada tahap uji klinis fase I, vaksin disuntikkan ke beberapa sukarelawan yang umumnya adalah orang dewasa dengan kondisi sehat. Hal ini dilakukan untuk menguji keamanan vaksin COVID-19 dalam tubuh manusia. Jika dinyatakan aman dan efektif, vaksin tersebut dapat memasuki uji klinis fase II. Vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh individu akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan Covid-19.

Kebanyakan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara suntikan, tetapi ada pula yang diberikan melalui mulut , maupun semprotan ke hidung. Selain itu, terdapat pula istilah imunisasi yang berarti reaksi dari tubuh setelah mendapatkan vaksin. Sejatinya hampir setiap hari kita terpapar bakteri dan virus pemicu penyakit. Hebatnya, tubuh memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang membantu melawan virus dan bakteri. Namun, terkadang sistem kekebalan tubuh tidak mampu mengatasinya sehingga memerlukan pertolongan vaksin.