2 Persiapan Penting Sebelum Lansia Ikut Vaksinasi

Ditempat lain, kegiatan vaksin Merdeka juga telah digelar, salah satunya di Satpas Pembantu 1221 Cinere Satlantas Polres Metro Depok yang bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. DEPOK, POSKOTA.CO.ID – Vaksinasi Merdeka Polsek Sawangan menyasar lansia dan anak disabilitas dengan jemput bola ke rumah. Vaksinasi drive thru juga telah dilaksanakan FKKKMK UGM sepanjang bulan Juli 2021. Program vaksinasi merupakan kerja sama antara FKKMK UGM, RSA UGM, serta RSUP Dr. Sardjito yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM serta kedepan akan dikembangkan bagi masyarakat secara umum. Hal tersebut disampaikan oleh Menkes saat melakukan kunjungan ke lokasi vaksinasi di Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (31/7). Program vaksinasi kali ini diselenggarakan atas kerja sama UGM dengan TNI POLRI selama dua hari 31 Juli dan 1 Agustus 2021.

Vaksinasi bagi Lansia

Suntikan dosis pertama dinilai hanya mampu menurunkan 13% gejala terpapar Covid-19. Namun, mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini. “Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi,” tegas Kepala Badan POM. Masalah vaksinasi untuk warga lansia ternyata tidak sebatas efektivitas vaksin dan efek sampingnya. Harus dipahami masyarakat bahwa kelompok usia lanjut mengalami berbagai perubahan akibat proses menua, atau kerentaan .

Setelah satu tahun berperang untuk tetap sehat dan menjaga imunitas dengan menjalankan protokol kesehatan 3M, kini upaya lanjutan ditempuh dengan melakukan vaksinasi. Tujuan vaksinasi untuk membentuk imunitas dalam tubuh, sehingga bisa mengenali dan melawan virus yang masuk. Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Rusminah , menjadi warga lansia pertama yang menerima vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Sabtu 20 Februari 2021. Bahkan dalam prosesnya, terdapat pula sejumlah fasilitas kesehatan swasta yang dilibatkan.

Keterlibatan perguruan tinggi sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program vaksinasi di tanah air,” paparnya. Sebagian besar Tim Manajemen Epidemi Israel merekomendasikan vaksinasi lanjutan bagi warga lansia, namun muncul berbagai opini terkait usia minimum yang akan divaksin, berkisar dari 60 hingga 70 tahun, sebut kementerian itu. Mengutip Kompas, hasil uji klinis terhadap 400 warga lansia di China menunjukkan bahwa vaksin tersebut meningkatkan imunogenisitas atau kadar antibodi yang bagi lansia. Maka, vaksin Sinovac boleh disuntikkan ke mereka yang berusia di atas 60 tahun. Sementara disinggung terkait cakupan vaksinasi, Didik mengatakan dari goal 2.744 nakes, vaksin Covid-19 sudah diberikan ke 2.369 nakes. Pihaknya juga membenarkan one hundred lebih nakes harus ditunda pelaksanaan vaksinnya, karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.

Selain Bupati Sragen sebagai vaksinator bagi para lansia, kegiatan vaksinasi bagi lansia dan pra lansia juga melibatkan pula 10 orang personil dari Dinas Kesehatan kabupaten Sragen, bertempat di Puskesmas I Masaran. Selain itu, jenis vaksin Sinovac yang akan diberikan pada lansia juga sudah mendapat izin edar dari BPOM. Izin ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan hasil uji klinis fase 2 di China dan fase three di Brasil terhadap vaksin Sinovac.

Saat ini kebijakan baru menyatakan bahwa ibu hamil pun diperbolehkan untuk menerima vaksinasi Covid-19, mulai dari tanggal 2 Agustus 2021, kemarin. Polsek Lokpaikat berikan Bansos, Sebagai bentuk kepedulian dan ingin meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid – 19. Sementara, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. “Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di RSUD Pademangan, Jalan Budi Mulia, Pademangan Barat, Jakut, sempat mengalami kendala di hari pertama. Sebanyak 1.007 warga Lansia telah mendapat vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Slot Online Jakut. Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia akan selesai selama dua hari. Penny menuturkan, BPOM mendukung upaya FKUI untuk ambil bagian dalam uji klinis yang bersifat internasional ini.